Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown Saturday 17 March 2012

Selubung udara itu disebut atmosfer. Lapisan atmosfer tersusun dari udara. Semakin jauh dari bumi, lapisan udara semakin tipis.
Lapisan atmosfer melindungi bumi dari pancaran sinar dan panas matahari. Karena itu, lapisan atmosfer paling berperan dalam mendukung adanya kehidupan di bumi ini. Lapisan atmosfer ini memiliki ketebalan + 640 Kilometer. Atmosfer terdiri dari troposfer, stratosfer, mesosfer, troposfer dan eksosfer.
Troposfer terbentang sejauh 10 km dari Bumi. Lapisan ini yang paling dekat dengan bumi. Inilah yang mempengaruhi cuaca. Sebagian besar awan yang menyebabkan hujan terbentuk di lapisan ini. Lapisan yang terletak di antara lapisan troposfer dengan lapisan stratosfer disebut tropopause.
Diatas lapisan troposfer terdapat lapisan Stratosfer. Stratosfer berjarak 10-50 km di atas permukaan bumi. Udara di stratosfer sangat dingin dan tipis. Lapisan ozon berada di atas lapisan ini. Lapisan ozon adalah lapisan yang paling penting karena melindungi bumi dari sinar ultraviolet dari matahari. Di antara stratosfer dan mesosfer terdapat sebuah lapisan yang disebut lapisan stratopause.
Selanjutnya, Mesosfer. Mesosfer berjarak 50-80 km di atas bumi. Mesosfer mempunyai campuran oksigen, nitrogen, dan karbon dioksida yang sama dengan lapisan di bawahnya. Namun uap airnya sedikit. Diantara mesosfer dengan termosfer terdapat lapisan yang disebut lapisan mesopause.
Lapisan selanjutnya adalah Termosfer. Termosfer berjarak 80-500 km diatas permukaan bumi. Di lapisan ini terjadi efek cahaya yang disebut aurora. Di antara termosfer dan eksosfer terdapat lapisan yang disebut lapisan thermopause.
Lapisan terakhir yaitu eksosfer. Eksosfer berada di ketinggian 100 km di atas permukaan bumi. Setelah eksosfer adalah luar angkasa/angkasa luar. Atmosfer melindungi bumi dari benda-benda angkasa, menjaga agar air tidak menguap ke angkasa luar, dan menghalangi sinar ultraviolet menerobos bumi.
Manfaat Atmosfer:

  1. Melindungi kehidupan di bumi dari jatuhnya benda langit,
  2. Memperkecil perbedaan suhu,
  3. Menyebabkan terjadinya perubahan cuaca,
  4. Memperindah pemandangan.

Leave a Reply

KOMENTAR BOLEH BEBAS TAPI HARGAI KAMI YA, BERKOMENTARLAH DENGAN SOPAN. ANDA SOPAN KAMI SEGAN :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Shafalicious Informasi - Powered by shafathasyac - Designed by Johanes Djogan